Tradisi Unik merayakan Tahun Baru di berbagai Negara

Perayaan pergantian tahun dirayakan di hampir Seluruh dunia. Kemeriahannya ditandai dengan pesta kembang api, pawai, hingga parade kostum yang diadakan di pusat pusat kota. Bunyi terompet dan ledakan petasan bergerguruh menyemarakkan hiruk pikuk manusia yang bergembira menyambut tahun yang baru.
Namun tidak semua negara merayakannya dengan cara demikian.  Ada beberapa negara yang memiliki kebiasaan unik saat merayakan pergantian tahun Tradisi tradisi itu sampai saat ini masih terus dilaksanakan seperti terangkum di bawah ini.  Yuk, kita intip tradisinya di beberapa negara.

BRAZIL

Penasaran ada apa dengan tradisi Tahun Baru di Brazil dan negara lainnya ? Simak terus ya :)

Di Brazil, pada saat malam tahun baru mereka merayakannya dengan berkumpul mengenakan baju putih. Mereka mengadakan ritual untuk memuja Lemanja ( Dewa Laut ). Mereka berbondong – bondong menuju pantai sambil menaburkan bunga, mengubur mangga dan pepaya guna menghormati Dewa mereka.
IRLANDIA
Di Irlandia, para wanita yang masih single percaya bahwa malam tahun baru adalah malam yang bisa membawa keberuntungan untuk love life mereka. Mereka menaruh daun mistletoe di bawah bantal, diyakini bisa mendekatkan jodoh mereka. Selain itu, orang Irlandia juga percaya hal ini dilakukan untuk dapat menghindari bad luck.
DENMARK
Wow, tradisi yang ini dahsyat uniknya ! Orang Denmark melemparkan piring/gelas yang mudah pecah ke pintu rumah tetangga ! Hal ini tidak membuat para tetangga kesal, mereka justru happy ! Keluarga yang dapat pecahan piring, mug, gelas, dianggap yang paling beruntung karena memiliki banyak teman setia. Ada yang berani coba lempar piring ke pintu tetangga ? hihi…
FILIPINA
Di Filipina, kebiasaan mereka saat tahun baru adalah memakai pakaian dengan motif polkadot. Motif bundar-bundar ini diasosiasikan mirip dengan bentuk koin/uang, sehingga diharapkan di tahun mendatang akan memiliki lebih banyak rejeki. Selain itu, sajian tahun baru biasanya banyak makanan dan buah-buahan yang berbentuk bundar juga. Lalu, ada juga kebiasaan di malam hari saat pergantian tahun, mereka melempar koin, tradisi ini menandakan bahwa semoga di tahun mendatang bisa mendapatkan kekayaan yang lebih banyak lagi :)
SKOTLANDIA
Ada Festival Hogmanay setiap tanggal 31 Desember di Skotlandia. Para pria ber-parade di jalanan sambil memegang “bola-bola api”. Diyakini bola api ini melambangkan simbol kesucian dan pencerahan.
MEXICO, BRAZIL, BOLIVIA / AMERIKA SELATAN LAINNYA
Penduduk Brazil, Mexico, Bolivia dan negara Amerika Selatan lainnya menyambut tahun baru dengan mengenakan pakaian dalam yang colourful. Biasanya warna yang seringkali dikenakan adalah merah, kuning atau warna cerah lainnya. Diharapkan warna cerah ini memberi keberuntungan di tahun mendatang, serta bisa membantu menemukan true love. Warna merah melambangkan kehidupan cinta yang lebih baik, sedangkan warna kuning melambangkan uang dan kekayaan.
ITALIA
Di Italia tepatnya di Naples ada tradisi yang sangat unik guys. Tepat tanggal 1 Januari pukul 24.00, mereka akan melemparkan barang – barang usang mereka dari jendela :) Hal ini dipercaya bahwa tepat di jam tersebut, mereka membuang kesialan mereka dan kembali hidup baru.
EKUADOR
Di Equador, mereka akan membuat boneka kayu lambang dari pribadi mereka masing – masing. Tepat tanggal 1 Januari pukul 24.00 mereka akan membakar boneka kayu tersebut lambang membuang sial dan kembali menjadi pribadi yang baru dengan semangat baru :) Selain itu, mereka juga punya kebiasaan membakar foto-foto tentang hal-hal yang tidak baik di tahun sebelumnya.

JERMAN
Orang – orang yang tinggal di Jerman percaya kalau makan makanan sisa hidangan tahun baru hal ini dapat membuat kita tidak akan pernah kekurangan pangan di tahun mendatang. Kalau di Berlin, makanan yang dihidangkan yaitu ikan mas.

YUNANI
Pada tanggal 1 Januari, seluruh orang – orang Yunani menebarkan biji buah delima di depan rumah mereka. Hal ini dipercaya bila kita menebar biji buah delima, kita akan terus makmur sampai tahun – tahun berikutnya :)
JEPANG
Saat tahun baru, orang – orang di Jepang wajib menikmati 3 jenis makanan : telur ikan sebagai simbol kemakmuran, ikan sarden asap simbol tanah yang makmur, dan manisan tumbuhan laut simbol perayaan. Di Jepang juga ga’ lupa guys untuk membunyikan lonceng sebanyak 108 kali tiap malam tahun baru ( wow ! capek ga’ yah … :p )

INDONESIA
Di Indonesia, orang – orang biasanya merayakannya dengan nonton konser, keliling – keliling Jakarta sambil menyalakan kembang api. Biasanya mereka berkumpul di Ancol, Monas, TMII.
RUSIA
Malam Tahun Baru sama seperti malam Natal, bedanya disini bukan Santa yang muncul tetapi Kakek Frost yang memakai jas biru dan siap membagi – bagikan hadiah untuk anak – anak kecil :)
AMERIKA SERIKAT
Di Amerika Serikat, saat Tahun Baru sambil kita menonton acara – acara seru di televisi kita sambil ditemani oleh kacang hitam bermata. Kacang hitam bermata menandakan uang Amerika makin melimpah di tahun mendatang :) Selain itu, di Amerika juga ada kebiasaan saling berciuman dengan suami, atau kekasih, hal ini diharapkan dapat membawa kehidupan cinta yang lebih baik.
Gimana ? Unik yah tradisi dalam merayakan tahun baru :)
And… last but not least, we’d like to wish you :
HAPPY NEW YEAR ALL
Semoga di tahun 2012 membawa berkah berlimpah untuk kita seterusnya ya … Amin…
Share this article :
 
Support : Creating Website | Pengetahuan | Pengetahuan
Copyright © 2011. Pengetahuan Blog World - All Rights Reserved
Template Created by CasperXey Published by CasperXey
Proudly powered by Blogger