Serangan Hacker via Bluetooth Blackberry Playbook

Para penelit telah menemukan kerentanan pada RIM Blackberry Playbook yang memungkinkan seseorang (hacker) untuk melakukan sabotase pada koneksi jaringan via bluetooth. Sabotase ini memungkinkan pencurian data ketika sedang berlangsung proses transfer data dari tablet ke handset Blackberry melalui koneksi bluetooth. 

Penemuan kerentanan ini di presentasikan oleh Zach Lanier dan Ben Nell dari  Intrepidus Group pada sebuah konferensi yang berlangsung di Miami Beach di Hotel Gansevoort pada tanggal 13 Januari kemarin.
Permasalahan ini nampaknya terdapat pada aplikasi penghubung (Bridge) yang memungkinkan pengguna untuk mengakses email, kalender dan data lain yang di temukan pada playbook mereka dari handset Blackberry melalui bluetooth.

Ternyata Token berisi otentifikasi yang dikirim antara perangkat saat sambungan terhubung, akan tersimpan di lokasi yang dapat diakses oleh siapa saja yang tahu tempat penyimpanannya.

Menurut Lanier: “Sementara bridge ini aktif, pada dasarnya token berada di tempat yang dapat dibaca oleh seluruh dunia. Hal inilah yang menyebabkan masalah pada sesi Bridge.”

Tentu saja beberapa kondisi tertentu harus terpenuhi agar sebuah serangan dapat berjalan sukses. Pertama-tama, adalah harus ada sebuah cara tertentu untuk mengakses token dari tablet.

Ini bisa menjadi aplikasi berbahaya dimana secara mudah menawarkan kemampuan untuk mengakses token, atau serangan juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan kelemahan lain yang ada perangkat lunak playbook tersebut. Masalah ini bisa menjadi seperti sebuah hadiah buat para hacker karena saat ini perangkat tidak memiliki email client, yang berarti bahwa sebagian besar konsumen harus mengandalkan klien webmail atau penggunaan aplikasi Bridge untuk membaca email mereka.

Nell melanjutkan bahwa: “Bukan hanya user biasa saja yang mendapatkan ini, tetapi sekarang menjadi prioritas target untuk mencari bug lain di Playbook. Mereka harus benar-benar melindungi aset berharga ini dengan sisi klien kontrol.”

Dan cacat ini bukanlah satu-satunya yang ditemukan oleh peneliti, mereka juga menemukan fakta bahwa nama file di BlackBerry AppWorld store ditulis berurutan dan dapat di prediksi, maka pengguna juga bisa menambahkan nama file untuk men-download aplikasi apapun yang di inginkan.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Pengetahuan | Pengetahuan
Copyright © 2011. Pengetahuan Blog World - All Rights Reserved
Template Created by CasperXey Published by CasperXey
Proudly powered by Blogger